Sabtu, 31 Maret 2012

Jangan merayakan April MOP

april-mop-

Tahukah kalian kalau April Fools Day,(hari yang dimana kita boleh menjahilii teman2 kita).sesungguhnya berasal dari sejarah pembantaian tentara Salib terhadap Muslim Spanyol yang memang didahului dengan penipuan?

 

Perayaan April Mop yang selalu diakhiri dengan kegembiraan dan kepuasan itu sesungguhnya berawal dari satu tragedi besar yang sangat menyedihkan dan memilukan.!!!

April Mop atau The April’s Fool Day berawal dari satu episode sejarah Muslim Spanyol di tahun 1487 atau bertepatan dengan 892 H. Sebelum sampai pada tragedi tersebut, ada baiknya menengok sejarah Spanyol dahulu ketika masih di bawah kekuasaan Islam

. Begini kisahnya:


Sejak dibebaskan Islam pada abad ke-8 M oleh Panglima Thariq bin Ziyad, Spanyol berangsur-angsur tumbuh menjadi satu negeri yang makmur. Pasukan Islam tidak saja berhenti di Spanyol, namun terus melakukan pembebasan di negeri-negeri sekitar menuju Perancis. Perancis Selatan dengan mudah bisa dibebaskan. Kota Carcassone, Nimes, Bordeaux, Lyon, Poitou, Tours, dan sebagainya jatuh. Walau sangat kuat, pasukan Islam masih memberikan toleransi kepada suku Goth dan Navaro di daerah sebelah Barat yang berupa pegunungan.

Cahaya Islam telah menerangi Spanyol. Karena sikap para penguasa Islam begitu baik dan rendah hati, maka banyak orang-orang Spanyol yang kemudian dengan tulus dan ikhlas memeluk Islam. Muslim Spanyol bukan hanya beragama Islam, namun mereka sungguh-sungguh mempraktekkan kehidupan secara Islami. Mereka tidak hanya membaca Al-Qur'an tapi juga bertingkah laku berdasarkan Al-Qur'an. Mereka selalu berkata tidak untuk musik, bir, pergaulan bebas, dan segala hal yang dilarang Islam. Keadaan tenteram seperti itu berlangsung hampir enam abad lamanya.

Selama itu pula kaum kafir yang masih ada di sekeliling Spanyol tanpa kenal lelah terus berupaya membersihkan Islam dari Spanyol, namun mereka selalu gagal. Telah beberapa kali dicoba tapi selalu tidak berhasil.
Dikirimlah sejumlah mata-mata untuk mempelajari kelemahan umat Islam di Spanyol. Akhirnya mata-mata itu menemukan cara untuk menaklukkan Islam di Spanyol, yakni melemahkan iman mereka dulu dengan jalan serangan pemikiran dan budaya. Maka mulailah secara diam-diam mereka :
1. Mengirim alkohol dan rokok gratis ke dalam wilayah Spanyol.
2. Musik diperdengarkan untuk membujuk kaum mudanya agar lebih suka bernyanyi dan menari ketimbang baca Qur’an.
3. Mereka juga mengirim sejumlah ulama palsu yang kerjanya meniup-niupkan perpecahan di dalam tubuh umat Islam Spanyol.

Alhasil, Lama-kelamaan upaya ini membuahkan hasil. Spanyol pun jatuh dan bisa dikuasai pasukan Salib. Penyerangan oleh pasukan Salib benar-benar dilakukan dengan kejam tanpa mengenal peri kemanusiaan. Tidak hanya pasukan Islam yang dibantai, juga penduduk sipil, wanita, anak-anak kecil, orang-orang tua, semuanya dihabisi dengan sadis.

Satu persatu daerah di Spanyol jatuh, Granada adalah daerah terakhir yang ditaklukkan. Penduduk-penduduk Islam di Spanyol (juga disebut orang Moor) terpaksa berlindung di dalam rumah untuk menyelamatkan diri. Tentara-tentara Kristen terus mengejar mereka.
Ketika jalan-jalan sudah sepi, tinggal menyisakan ribuan mayat yang bergelimpangan bermandikan genangan darah, tentara Salib mengetahui bahwa banyak Muslim Granada yang masih bersembunyi di rumah-rumah.

Dengan liciknya tentara Salib itu meneriakkan pengumuman, bahwa para Muslim Granada bisa keluar dari rumah dengan aman dan diperbolehkan berlayar keluar dari Spanyol dengan membawa barang-barang keperluan mereka. “Kapal-kapal yang akan membawa kalian keluar dari Spanyol sudah kami persiapkan di pelabuhan. Kami menjamin keselamatan kalian jika ingin keluar dari Spanyol, setelah ini maka kami tidak lagi memberikan jaminan!” demikian bujuk tentara Salib.
Orang-orang Islam masih curiga dengan tawaran ini. Beberapa dari orang Islam diperbolehkan melihat sendiri kapal-kapal penumpang yang sudah dipersiapkan di pelabuhan. Setelah benar-benar melihat ada kapal yang sudah dipersiapkan, maka mereka segera bersiap untuk meninggalkan Granada bersama-sama menuju ke kapal-kapal tersebut. Mereka pun bersiap untuk berlayar.

Keesokan harinya, ribuan penduduk Muslim Granada yang keluar dari rumah-rumahnya dengan membawa seluruh barang-barang keperluannya beriringan jalan menuju pelabuhan. Beberapa orang Islam yang tidak mempercayai tentara Salib bertahan dan terus bersembunyi di rumah-rumahnya.

Setelah ribuan umat Islam Spanyol berkumpul di pelabuhan, dengan cepat tentara Salib menggeledah rumah-rumah yang telah ditinggalkan penghuninya. Lidah api terlihat menjilat-jilat angkasa ketika para tentara Salib itu membakari rumah-rumah tersebut bersama orang-orang Islam yang masih bertahan di dalamnya.
Sedang ribuan umat Islam yang tertahan di pelabuhan hanya bisa terpana ketika tentara Salib juga membakari kapal-kapal yang dikatakan akan mengangkut mereka keluar dari Spanyol. Kapal-kapal itu dengan cepat tenggelam. Ribuan umat Islam tidak bisa berbuat apa-apa karena sama sekali tidak bersenjata. Mereka juga kebanyakan terdiri dari para perempuan dan anak-anaknya yang masih kecil-kecil. Sedang tentara Salib itu telah mengepung mereka dengan pedang terhunus.
Dengan satu teriakan dari pemimpinnya, ribuan tentara Salib itu segera membantai dan menghabisi umat Islam Spanyol tanpa perasaan belas kasihan. Jerit tangis dan takbir membahana. Dengan buas tentara Salib terus membunuhi warga sipil yang sama sekali tidak berdaya.

Seluruh Muslim Spanyol di pelabuhan itu habis dibunuh dengan kejam. Darah menggenang di mana-mana. Laut yang biru telah berubah menjadi merah kehitam-hitaman.

Tragedi ini bertepatan dengan tanggal 1 April. Inilah yang kemudian diperingati oleh dunia Kristen setiap tanggal 1 April sebagai April Mop (The Aprils Fool Day).
Biadab, dan sungguh terlalu bagi anda umat muslim yang merayakannya. Anda dengan lucunya ikut merayakan HARI di mana ribuan saudara-saudaranya seiman disembelih dan dibantai oleh tentara Salib di Granada, Spanyol tanpa anda mengerti sejarahnya.

Nasi Goreng Jancuk,makanan khas baru dari Surabaya

Jangan ngaku jadi arek suroboyo kalau belum nyobain makanan ini. Makanan khas asli dari Surabaya ini bakalan membuat lidah anda berkeringat karena pedasnya kuliner ini dan mengucapkan judul nasi goring tersebut.
 hahahaha (pengalaman)
Namun Anda tidak perlu khawatir dengan rasa yang super pedas pada nasi goreng ini. Karena dalam paket yang ada di Surabaya Plaza Hotel terbaru ini, Anda akan disuguhi senampan 'Nasi Goreng Jancuk' beserta sepitcher teh manis dingin maupun hangat.
Gimana gag peddesss coba?? Untuk membuat nasi goreng super pedas ini menghabiskan 100 gram cabai keriting untuk bumbunya. Disamping itu, dalam pengolahan masakan 'Nasi Goreng Jancuk', bahan menggorengnya menggunakan mentega sebanyak 70 % dibanding penggunaan minyak goreng yang hanya 30 %. Jadi, aroma pedas dan merahnya benar-benar asli dari cabai dan berwarna lembut nan segar. Karena pedasnya itulah, nama nasi goreng itu disebut 'Nasi Goreng Jancuk' khas Surabaya. Waaaauuuuww…
Di Surabaya Plaza Hotel ini menyediakan Paket-an 'Nasi Goreng Jancuk' dan sepitcher teh manis ini dinamai 'Jancuk Mbledos'. Karena minuman yang cocok untuk meredam rasa pedas, adalah minuman yang memuat rasa manis atau panas. Jadi pas kan?? Makan pedes minumnya panas…..
dijamin keringetan deh’’
Yang istimewa tak hanya rasa, porsi dan bumbunya, harga yang dibandrol pun cukup menggiurkan. Satu paket 'Jancuk Mbledos' ini hanya dibandrol Rp 90 ribu per nett, dan Anda dapat menikmati 5 porsi nasi goreng super pedas dan sepitcher teh sesuai selera. Dan menu ini bisa dinikmati untuk santap siang, malam atau bahkan tengah malam.

"Dengan harga yang murah, penikmat kuliner pedas bisa menikmati senampan nasi goreng super pedas dan sepitcher teh manis," pungkasnya.

Selasa, 20 Maret 2012

Bangunan –bagunan unik di Surabaya

1. Gramedia expo

gramedia expo

Gedung ini berdiri tepat di jalan basuki rahmat Surabaya. Yang menarik dari degung ini adalah desain bangunan yang sangat futuristik,dan lenih mirip dengan bangunan di Negara eropa. Toko buku,ruang pertemuan,ruang pameran,dan perkantoran adalah fungsi utama dari gedung ini.

2. Intiland tower

coba tebak sebenarnya ini bangunan apa?? Memang benar2 Tower,atau…??

intiland tower

Haha,sebenarnya gedung yang berdiri di jalan panglima sudirman ini adalah perkantoran dari perusahan2 bonafit. Dengan desain acak-acakan,zig-zag dan tidak seragam dengan gedung2 lain di Surabaya,membuat bangunan ini sangatlah unik bila di amati.

3. Empire palace

empire

Kalau menurut saya gedung inilah gedung termegah,(dari luarnya) di Surabaya.
Desain bangunannya meniru gaya khas kota moskow.
Tapi keindahan luarnya tidak seindah di dalamnya. Toilet,parkiran dan fasilitas lainnya masihh kalah di banding dengan gedung pertemuan yang lain.

 

 

 

4. Mc Donald,basuki rahmat

mcdonald ayani

lucu yah,bangunan ini memiliki gitar di bagian samping. Kalau dilihat MC’D yang ada di seluruh Surabaya,inilah MC’D yang paling beda dan unik.

5. Graha pena

graha pena

Kalau ini mungkin sebagaian pemuda-pemudi Surabaya sudah mengenalnya. kalau kita dari arah sidoarjo ,di jalan A.Yani pasti melewati gedung ini. Bila siang hari sebenarnya tidak seberapa kelihatan istimewa,berbeda dengan malam hari,terlihat sebuah pulpen/pena raksasa yang menempel di bagian samping bangunan dari kantor jawapos ini.

Sabtu, 17 Maret 2012

Fakta unik tentang Hi tech mall

1.Berubah nama,berubah fungsi

hitech

Dulu mall ini sebenarnya bernama THR (Taman Hiburan Rakyat). Tetapi sejak pertengahan tahun 2007,mall ini berubah namanya menjadi Hi tech mall. Nama. yang berubah tentu juga merubah fungsi. Bernama THR mall ini berisikan pusat perbelanjaan dengan beraneka ragam.Taman rekreasi,dan juga kesenian daerah yang sering di tampilkan di kawasan ini.. Sejak berganti nama Hi-tech mall,mall ini berubah drastis menjadi pusat perbelanjaan ALAT ELEKTRONIK, komputer,laptop,mp3,printer dsb.

 

 

2. Kesenian yang mulai pudar

Semakin bertambahnya waktu dan canggihnya teknologi,perlahan namun pasti kesenian2 budaya yang di tampilkan di kawasan mall ini semakin tergerus. Sejak bernama THR dan mall-mall di Surabaya tidak sebanyak sekarang,THR adalah pusat dari segala pusat kesenian jawa timur yang ada di Surabaya. Ketoprak,ludruk,gamelan,wayang orang,wayang kulit,tari2an daerah yang dulunya rutin di tampikan disini,sekarang hanya menunggu waktu saja akan punah.

3. The best Cash Flow

 

Tak dapat di pungkiri,Hi tech mall kini tumbuh menjadi Mall terbaik dalam bidang perdagangan,khususnya elektronik. Perputaran uangya sangatlah cepat di dalamnya!!

4. Fasilitas terburuk

  SBY-HiTechMall3

Sayangnya yang tidak diperhatikan dalam mall ini adalah,KENYAMANAN PENGUNJUNG. AC yang mati,atap yang bocor,lantai yang sangat parah,tempat parkir yang berbahaya (Lantai Licin) sehingga rawan jatuh bagi pengendara motor,membuat mall ini menjadi salah satu mall terburuk di Surabaya.

5. patung Gombloh

patung gombloh

Di dalam kawasan Hitech mall,terdapat patung Gombloh yang di bangun untuk mengenang jasa sang seniman legenda ini. Di dirikan pada tahun 1996 oleh sekelompok seniman yang menamai diri mereka “solidaritas seniman Surabaya”.

6. Eskalator maut

lift hitech

Sering terjadinya kecelakaan pada eskalator dalam mall ini membuat bertambahnya reputasi buruk mall ini. Terbukti ada lebih dari sekali dalam setahun korban yang terjepit kakinya di escalator mall ini. Terakhir adalah bocah berusia 4 tahun bernama Aurel Putri Rifelia.

7. pintu tembusan ke TRS

Ini yang menarik bagi saya. THR dan TRS mempunyai pintu penghubung satu arah,yaitu hanya dari arah menuju THR. Tapi anehnya,pintu tembusan ini mengarah di wahana GOA HANTU yah?? Kenapa gag di bangun/di pasang pintu dari wahana permainan lain??

Rabu, 14 Maret 2012

Grafologi (teknik membaca tulisan tangan)

 

Meskipun saya bukan lulusan psikolog tapi boleh donk belajar. Nah setelah belajar sana sini akhirnya saya menemukan ilmunya teknik membaca tulisan tangan.

BENTUK UMUM HURUF
bulat =
alami,easy going
bersudut tajam = agresif,kuat,energy
Coretan gag beraturan = artistic, gag punya standard

SPASI ANTAR KATA
Berjarak pas =
suka bicara
Rapat rapat = nggak sabaran, percaya diri, ceepat bertindak

KEMINGRINGAN HURUF
Agak ke kanan =
ekspresif,emosional
Agak ke kiri = menutup diri
Tegak = menahan diri,bisa mengendalikan emosi

TEKANAN SAAT MENULIS
makin kuat tekanan mennulisnya, makin besar intensitaf emosionalnya

UKURAN HURUF
Makin kecil huruf penulisannya, makin besar tingkat konsentrasi si penulis

ARAH TULISAN PADA KERTAS
Naik/menanjak =
energik,optimis,tegas
Tetap/lurus = persfeksionis,kuper
Turun = seorang sedang tertekan atau lelah,menutup sesuatu (rahasia)

opera_logo-thumb-300x262-90036 FAKTA HURUF “0”
adanya rahasia pada huruf ini. Bila seseorang menulis huruf O, perhatikan!!
bila bulatannya mengarah ke kanan. Berarti dia BOHONG

Senin, 12 Maret 2012

Legenda dari Surabaya

Surabaya. Kota pahlawan
bung_tomo bung-karno pahlawan patung tugu pahlawan profil-klantink
Banyak pahlawan2 yang berasal dari kota ini. Pahlawan identik dengan perjuangannya membela tanah air,hingga gugur dalam medan perang. Tapi bagi sebagaian dari itu sesorang bisa dijadikan pahlawan meskipun tanpa gugur di medan perang,karena jasa2nya yang begitu besar bagi kota ini.
Dan inilah sang legenda dari kota Surabaya (versi saya seh)
Ir, soekarno
Siapa yag tak kenal beliau? Bapak proklamator Indonesia inilah yang berhasil membawa Indonesia ke depan gerbang kemerdekaan. Kesederhanaan dan keikhlasan beliau yang akan dikenang selalu bagi kota ini. Tapi kota segede ini patung bung karno kok cuman satu yah (di depan tugu pahlawan).
Bung tomo
Mengingat hari pahlawan 10 november di Surabaya tentu tak lepas dari nama Bung Tomo. Beliaulah kunci sejarah berdarah 10 november. Ia seorang orator, pembakar semangat juang arek arek suroboyo untuk bertempur sampai titik darah penghabisan mengusir penjajah di Surabaya kala itu.
Boomerang,
Band inilah yang pertama membawa nama Surabaya di samping Dewa dan Padi. Kalau di bandung terkenal dengan peterpan, dan di jogja lebih kental dengan Sheila On 7. Rasanya di Surabaya cuman 3 band itu tadi deh yang bisa di andalkan. Dengan membawakan lagu beraliran music rock, boomerang meraih berbagai prestasi dari lokal sampai mancanegara. Vokalisnya, Roy Jeconiah adalah penyanyi dengan pita suara paling baik di tahun 2010.(hot Chord). Namun sayang,semakin menjamurnya band2 di Indonesia,band ini sudah tak tercium baunya lagi.
Gombloh
Doa Seorang Pelacur, Kilang-Kilang Dewa Ruci, Gugur Bunga,dan Kebyar Kebyar . Adalah sedereet judul yang berhasil di ciptakan oleh musisi ini. Kepribadian yang nyeleneh dan gaya nyentrik inilah yang menjadi ciri khas dari seorang gombloh. Lagu2nya mengisahkan nasionalisme dan kehidupan manusia,membuat lagu2 dari setiap albumnya meledak dipasaran. Beliau meninggalkan teman2 seangkatannya (Iwan Fals dan Ebiet G. Ade) pada tahun ’88.
Klantink
Nah inilah yang paling membagakan rakyat Surabaya bagi saya. Lahir dari jalanan,mengamen menjadi profesi/mata pencaharian mereka. Iseng iseng mereka mengikuti suatu ajang pencarian bakat di salah satu televise swasta. dengan tekad,semangat dan perjuangan yang sangat keras mereka mampu mengalhkan kandidat2 lainnya yang berduit. Dari mengamen sekarang mereka bisa menikmati mobil mewah yang menjadi satu hadiah utamanya. Dan uniknya lagi,mereka mengganti nama kampong mereka di kawasan joyoboyo Surabaya dengan nama gang klantink.












Sabtu, 10 Maret 2012

Pancasila dan Al-qur’an

pancasila1

Tahu Gag?? lok sebenarnya sebenernya Indonesia adalah negara yang dasar negaranya (Pancasila) berdasarkan pada Al Qur’an (kitab suci yang selalu dijaga kesuciannya oleh Allah penguasa langit dan Bumi).

Dibawah ini disampaikan ayat-ayat AlQur'an yang menjadi dasar dari sila-sila Pancasila.

1.KETUHANAN YANG MAHA ESA.

Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. (Q.S. Al-Ikhlas : 1)

2.KEMANUSIAAN YANG ADIL dan BERADAB.

Wahai orang-orang yang beriman, jadilah kamu orang yang benar-benar penegak keadilan …………… (Q.S. An Nisaa’: 135)
Sedangkan kata “BERADAB” artinya adalah tingkah laku yg baik, sopan santun, mempunyai tatakrama, berbuat baik dan lain sebagainya.

……..Dan Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebaikan (Q.S. Ali 'Imran : 148)

3.PERSATUAN INDONESIA.

Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, ……..(Q.S. Ali Imran : 103)

4.KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKMAT KEBIJAKSANAAN DALAM PERMUSYAWARATAN PERWAKILAN.

Dan (bagi) orang-orang yang menerima (mematuhi) seruan Tuhannya dan mendirikan shalat, sedang urusan mereka (diputuskan) dengan musyawarat antara mereka; dan mereka menafkahkan sebagian dari rezki yang kami berikan kepada mereka. (Q.S. Asy Syuura : 38)

5.KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA.

Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran. (Q.S. AL Nahl : 90)

Pernahkah kita berpikir mengapa Allah SWT menjatuhkan kemerdekaan RI pada tanggl 17 Agustus yang pada malam harinya tepat malam nuzulul Qur’an, malam turunnya al-Qur’an, padahal pada waktu itu para pemuda menginginkan pembacaan proklamasi bukan tanggal 17 Agustus. Hal ini menandakan bahwa Allah meridhai perjuangan pahlawan-pahlawan negara ini dan sudah seharusnya kita melanjutkan perjuangan mereka dengan belajar dan mencerdaskan bangsa.

Tapi sayang perjuangan mereka sama sekali tidak dihargai oleh para penguasa saat ini.

Kamis, 08 Maret 2012

TAMAN - TAMAN TERBESAR SURABAYA

1. Taman Bungkul

clip_image003

clip_image001

 

Taman bungkul ini terletak di tengah kota surabaya tepatnya yaitu di Jl. Raya Darmo, di situ juga terdapat Makam Mbah Bungkul yang konon masih mertua dari Sunan Ampel.

inilah taman yang paling populer bagi warga surabaya. Bila sabtu mlam pengunjungnya bisa mencapai 1000 orang (sumber kendaraan yang diparkir). Dan di tempat ini pula warga surabaya mengadakan acara "Car Free Day" tiap minggunya,dengan di datangi lebih dari 1500 orang di pagi harinya.

 

2. Taman Flora (Kebun bibit)

.

clip_image003[6]

clip_image002[4]clip_image001[5]

Ini juga merupakan salah satu aset taman terbesar surabaya. Taman Ini terletak di jalan Bratang, tepatnya disebelah utara Terminal Bratang, taman ini memiliki area yang lumayan luas untuk melakukan kegiatan keluarga, cocok untuk mengajak anak-anak kecil, karena taman ini mempunyai aneka satwa dan outbond untuk anak-anak, gratis lagi, biasanya banyak dari sekolah-sekolah TK, atau Playgrup yang ada dikota surabaya melakukan kegiatan disana. tak jarang juga muda mudi melakukan eksperimen di daerah sana (hehe)

 

3. Taman Prestasi

Taman-Prestasi

Berada di Taman Prestasi bagai menemukan sebuah oase di tengah kota. Taman seluas 6.000 m2 ini dihiasi sekitar 21 jenis tanaman sehingga terasa nyaman untuk melepas penat. Anak-anak pun dapat bermain sambil belajar mengenal lingkungannya. Area ini dilengkapi panggung terbuka, panggung teater, dan sarana permainan anak. Di sini, kita juga dapat menyaksikan replika penghargaan yang pernah diraih Kota Surabaya, seperti Wahana Tata Nugraha, Adipura Kencana, dan lain-lain. Obyek wisata ini juga menawarkan petualangan lain, seperti menyusuri Kalimas dengan perahu naga atau perahu dayung.

4. Taman Angsa

taman angsa taman angsa2

di Pakuwon city ternyata juga terdapat taman yang luas dengan dihiasi tanaman2 yang cantik. yang unik dari taan ini adalah angsa2 yang dilepas begitu saja dalam area taman itu. kalau ingin mengunjungi kesini lebih pas sore hari. matahari terbenam di sertai goyangan angsa menambah keindahan taman ini. tapi hati2,jangan sampai dikejar angsa ketika anda memotretnya.

 

 

 

5. Taman pelangi

tamanpelangi01

Kalo lewat puter balik menuju Graha pena dari A. Yani pasti melewati Joko Dolog dan taman ini. Taman ini kalau siang gag beda dengan taman2 lainya. Haya air mancur dan balok-balok putih berjajar. Tapi kalau lewat jam 18.00. baru ‘dehh bisa ngerasain indahnya taman yang satu ini, perpaduan gradasi warna membuat balok putih tadi seolah-olah menjadi pelangi. Menambah kilauanya di kota Surabaya. SURABAYA SPARKLING…..

6. Taman Dr. Soetomo (taman korea)

taman korea

Dibangun oleh dua negara taman yang berada dijalur Dr. Soetomo-Darmo maupun Dr. Soetomo-Diponegoro mrupakan jalur kota yang ramai. Namun, melewati jalur ini berada teduh karena terdapat taman yang membelah dua jalur tersebut. Apalagi di jalur ini terdapat bundaran yang dijadikan taman untuk interaksi keluarga. Tak jarang warga kota menikmati keceriaan bersama keluarga di taman seluas 103 m2 ini. Taman ini dilengkapi sekitar enam tanaman warnawarni dan jogging track untuk jalan-jalan atau untuk anak-anak bersepeda.

7. Taman Biliton(taman lansia)

clip_image002[8]

 

clip_image003[10]clip_image001[9]

 

memang terletak di Jl. Biliton surabaya sekitar 1 km kearah selatan Stasiun Gubeng.sesuai namanya taman ini memiliki tempat terapi kaki dari batu-batu kerikil sehingga banyak orang tua yang berkunjung disana.

Taman Apsari

taman apsari

Taman Apsari memiliki keunikan di bandingkan kawasan Surabaya lainnya. Taman yang berada di depan gedung grahadi itu terasa sejuk dan relatif tenang, meski tempatnya di tengah kota, Didalam area ini terdapat Patung Suryo dan Joko Dolog.

Di area seluas 5.300 m2 itu dilengkapi lebih kurang 20 jenis bunga dan tanaman. Di sela bunga dan tanaman itu di sediakan jogging track yang nyaman untuk jalan-jalan. Sebagian anak muda bahkan menggunakannya untuk bermain skateboard. Sebagian warga surabaya yang lain memanfaatkannya.sebagai tempat kongkow-kongkow semalaman sampai pagi menjelang.

 

 

 

8. Taman Mundu

clip_image002[6]

Taman terbesar terakhir adalah taman mundu. terletak di depan GOR sepuluh november. Taman ini baru di bangun sekitar 3 tahun yang lalu. Nah berbeda dengan kebun bibit/taman flora yang digandrungi keluarga,taman ini justru lebih didominasi kalangan muda mudi.

Selasa, 06 Maret 2012

Tempat nongkrong ber-Wifi di Surabaya

 Kalo’ ngomongin tempat  nongkrong di Surabaya gag asyik lok gag ada Wi-Fi nya. Ini menjadi Fasilitas wajib buat anak2 yang :doyan nongkrong,doyan internet,tapi minim dana buat internetan,termasuk saya. Hehehe…
dari jalan2 keliling Surabaya di tambah berbagai sumber, akhirnya saya bisa memposting artikel ini.




* HotSPOT CafĂ© Steak & Beverages, Jl Pahlawan Sidoarjo, Jatim. 
* Golden City Mall/ GoCi
* Taman Flora (Kebun Bibit) Bratang, Surabaya
* Stikom
* DRAGO La Brasserie -MEX Building tepatnya di Jl. Plegolan no.1-5-SURABAYA
* Ice cream DeBoliva gubeng
* di J-co mana aja
* Sinar Supermarket Jemur Andayani
* Mc Cafee Mc Donald seluruh Surabaya
* Drago La Brasserie, MEX Building, Jl Pregolan dan Tegalsari.
* Sheraton Hotel..Lobby * Novotel Hotel, Lobby
* Narita Hotel, Jl Barata Jaya . dulu seh ada,tapi gag tahu lagi sekarang.
* Shangri-La Hotel, Lobby.
* JW Mariot Hotel, Lobby.
* Taman Bungkul, Jl. Raya Darmo 




*
Black Angus steakhouse jalan Raya Gubeng 40.

* Area Balaikota Surabaya (Surabaya Smart Office Zone)
* Food Court ITC Mega Grosir Surabaya, cuman di lantai paling atas.
* Surabaya Plaza Hotel, Cafe Taman.
*Plaza Tunjungan II lantai LG / paling bawah - kafe Telkom Speedy dekat eskalator,

* Plasa Tunjungan 3, Surabaya: Cafe Execelso, Cafe Nannini, dan Cafe Jasmine
* Plasa Tunjungan 4, Surabaya: De Excelso Cafe, Dome Cafe, First Cafe, dan Cafe RBT
* Supermal, Surabaya: restaurant area, Dome Cafe, dan Cafe Excelso
* Tomodachi Cafe di Jl Embong Ploso 27 Surabaya
* Hotel Hilton Internasional Surabaya
* Cafe Kunang-Kunang, Puri Matahari, Surabaya
*Seluruh Zona di BG junction,tapi mending di foodcourtnya di L2. Sekaligus sambil makan.

Senin, 05 Maret 2012

Opini tentang Ghaib





Saya sering bertanya pada diri sendiri setelah mengunjungi seorang guru saya mengenai Jin. Dalam pemikiran saya Jin adalah bukan Makhluk Ghaib.

Di dalam Al Qur'an banyak sekali ayat yang memberikan keterangan masalah ghaib yaitu dikatakan bahwa hanya Allah sajalah yang tahu masalah ghoib,bahwa hanya Allahswt dan Rosul yang diridlai-Nya sajalah yang mengerti tentang ghoib (QS. Jin: 26-27).
"(Dia adalah Tuhan) Yang Mengetahui yg ghaib, maka Diatidak memperlihatkan kepada seorangpun tentang yang ghaib itu. Kecuali kepada Rasul yang diridlai-Nya, maka sesungguhnya Dia mengadakan penjaga-penjaga (malaikat) di muka dan di belakangnya".

sekarang inilah Hipotesa yang saya punya.

1. Ditinjau dari bahan pembuatannya. Jasad manusia diciptakan dari tanah sedangkan jasad Jin diciptakan oleh Allah SWT dari api.
Sekarang kita lihat sifat-sifat dari api. - Apakah api itu sesuatu yang ghaib? Jawabnya adalah bukan. Api adalah sesuatu yang bukan ghaib, karena kita dapat dengan jelas melihat api tersebut dengan mata jasad kita. Lalu apa sifat dari api itu?
 a. Api itu tidak bisa dipegang, kita hanya bisa memegang yang menimbulkan api saja. Contoh: kita memegang obor. Tentu kita tidak dpt memegang api dari obor itu kan? Tapi kita dapat memegang obornya dan mengendalikan api itu
 b. Api tidak dapat dipegang tapi dapat kita rasakan. Rasa dari api adalah panas dan dapat membakar sesuatu yang ada disekitarnya.
2. Ditinjau dari sisi teknik/fisika. Sebuah contoh mengenai FREKUENSI SUARA yang diterima oleh telinga kita. Telinga manusia hanya mampu mendengar suara yang mempunyai frekuensi (getaran) antara 20 Hz sampai 20 kHz.
Telinga manusia tidak mampu mendengar suara yangmempunyai frekuensi diluar range tersebut(antara 20 Hz sampai 20 kHz). Misal 30 kHz,atau 10 Hz atau frekuensi radio yang mempunyai getaran sampai ratusan mega Hz. Apakah frekuensi (getaran) tersebut suara ghaib ? Jawabnya tentu BUKAN.Contoh lagi: - Sinar infra merah, sinar ini banyak digunakan untuk remote kontrol alat-alat elektronik (TV dll). Bukankah mata kita tidak dapat melihat nya ? Tapi apa dia sesuatu yang ghaib ?. Jawab nya tentu bukan. Begitu juga sinar ultra violet. - Kelelawar dapat menghasilkan suara ultrasonic dgn frekuensi diatas 20 kHz yang mana telinga manusia tidak dapat mendengarkannya.

- Jangkrik dapat mengeluarkan suara intrasonic dengan frekuensi lebih kecil atau sama dengan 20 Hz (<= 20 Hz),dimana sebagian suaranya dpt didengar oleh telinga manusia dan sebagian tdk dapat didengar oleh telinga manusia.
Sekarang mari kita bicara tentang benda:
Kita tahu bahwa setiap benda itu kalau dipecah-pecah menjadi bagian yang lebih kecil disebut MOLEKUL dan molekul ini masih dpt dilihat.
Molekul jika dipecah pecah menjadi bagian yang lebih kecil lagi disebut ATOM. Atom terdiri dari INTI ATOM,dan ELEKTRON.
Inti atom dibagi lagi menjadi dua bagian : PROTON dan NETRON,
Proton bermuatan positif (+), netron mempunyai muatan netral dan elektron bermuatan negatif (-). Elektron ternyata hidup dan berputar mengelilingi inti atom dengan kecepatan 300.000.000 meter/detik sama dengan kecepatan cahaya.
Dari teori diatas dapat diambil dua kesimpulan:
 a. Pada hakekatnya tidak ada benda mati (meja kursi dll) karena apa? Karena elektron selalu berputar/bergerak dengan kecepatan 300.000.000 meter/detik. Siapa yang menggerakkan elektron tersebut???
b. Elektron berputar mengelilingi inti atom dengan kecepatan 300.000.Km/detik, dan itulah yg dapat ditangkap oleh mata kita. Mata kita hanya mampu melihat benda yang mempunyai kecepatan elektron mengelilingi inti atomnya sebesar 300.000 Km/detik saja. Diluar kecepatan itu mata manusia tidak dapat melihatnya. Oke.

Katanya mata anjing, kerbau, dan hewan2 lainnya dapat melihat sesuatu benda hidup/mati yg mata kita tidak mampu melihat benda tersebut. Dalam hal ini mata hewan tersebut mempunyai range yang lebih lebar dibanding range mata manusia, mata hewan tersebut mampu melihat benda yang kecepatan elektron mengelilingi inti atomnya lebih besar atau lebih kecil dari 300.000.Km/detik (mungkin 250.000.Km/det sampai 400.000.Km/det)
Sebuah contoh: - Peluru yang ditembakkan oleh seorang tentara, dengan kecepatan yang sangat tinggi peluru tersebut melesat. Mampukah mata kita melihat peluru tersebut? Tentu tidak. Apakah peluru itu sesuatu yang ghaib? Bukan. – Nah sekarang Mampukah mata kita melihat pertumbuhan sebuah pohon atau tanaman yang sangat pelan sekali kecepatan tumbuh per detiknya? Tidak
Lantas apakah ada benda yang mempunyai kecepatan elektron mengelilingi inti atomnya diatas 300.000.Km/det atau dibawah 300.000 Km /det? Jawabnya ada.Alam tersebut paralel dengan dunia kita, dunia manusia. Apakah alam lain tersebut ghaib? Jawabnya BUKAN.
Alam tersebut mempunyai benda yang kecepatan elektron mengelilingi inti atomnya diatas 300.000.Km/det atau dibawah 300.000.Km/det. Mata jasad manusiatidak dapat melihatnya. Tapi dia bukan ghaib. Mungkin suatu saat nanti dengan adanya kemajuan teknologi yang sangat canggih manusia dapat berkomunikasi dengan alam lain tersebut.

Jadi sekrang kita mengetahui bahwa Jin adlah bukan makhluk ghaib Perbedaannyadengan alam manusia hanya pada kecepatan elektron mengelilingi inti atomnya saja.

Kemungkinan besar kecepatan elektron mengelilingi inti atom di alam Jin lebih tinggi dibanding dengan kecepatan elektron mengelilingi inti atom di alam manusia sehingga mata jasad manusia tidak mampu melihatnya/menangkapnya.
" Katakanlah : Tidak ada seorangpun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang ghaib, kecuali Allah dan mereka tidak mengetahui bila mereka akan dibangkitkan. Sebenarnya pengetahuan mereka tentang akhirat tidak sampai (kesana) malahan mereka ragu-ragu tentang akhirat itu, lebih-lebih lagi mereka buta dari padanya. "
(Q.S. An-Naml : 65-66)
Jadi definisi ghaib yang sebenarnya adalah DZAT ALLAH sendiri.
WaAllahu 'alam bissowab (Hanya Allah yang Maha Tahu akan kebenarannya)

Fakta tentang tunjungan plaza

1.       Mall ini sampai sekarang masih menjadi Mall terbesar dan terpopuler di Surabaya. Dengan luas 90,000 m. dan total 6 lantai.

2.       Memliki 4 gedung. Yaitu TP1,TP2,TP3,dan TP4. Semua bagunan menyambung menjadi satu walyah yang luas di kawasan Basuki rahmat sampai Embong malang.

3.     TP 1,plaza yang tertua atau yang baru pertama didirikan pada tahun 1986 ini telah di renovasi pada tahun 2007 lalu. Proses renovasi tersebut juga merombak foodcourt menjadi Studio Foodcourt, yang berdampingan dengan bioskop Tunjungan Plaza XXI yang dilengkapi dengan 4 studio.
TP2,didirikan di tahun 1991terletak di tengah2 bangunan,meskipun tidak sebesar TP1,tapi bangunan ini merupakan Plaza yang paling ramai dari semua Plaza.
TP3, beradah di sebelah Barat bangunan. Didirikan di tahun 1996. Dalam masa pengerjaannya ada seorang tukang yang hamper tewas tertindih sebuah beton.
TP4, baru saja di bangun di tahuun 2001. Terletak bersebelahan dengan TP3,plaza ini beradah di sebelah barat Bangunan. Dan menjadi Plaza terbesar di Indonesia Timur

4.     Tunjungan Plaza berada di bawah naungan PT. Pakuwon Jati Tbk yang sukses membangunPakuwon Trade Center (PTC), Royal Plaza, Food Festival, Pakuwon Town Square dan Supermal Pakuwon Indah 

5.     Ada lebih dari 1000 tenant/konter penjual yang ada di dalamnya. Dan perlu lebih dari 3 hari untuk keliling memasuki satu persatu.hahaha..

Jumat, 02 Maret 2012

Bemo surabaya dan Rutenya.

Bemo rute
Bemo
Rute
C
Demak - Blauran - Karangmenjangan
Berangkat : Terminal Jl. Sedayu - Demak - Dupak - Ps. Turi - Semarang - Kranggan - Praban - Siola - Gentengkali - Ngemplak - Walikota Moestadjab - Kodya - Ambengan - Kusumabangsa - THR - Ngaglik - Tambaksari - Pacarkeling - Kalasan - Jolotundo - Bronggalan - Tambangboyo - Prof. Dr. Moestopo - RS.Dr. Soetomo - Karangmenjangan - Gubeng Airlangga - Dharmawangsa.
Kembali : Kedungsroko - Pacarkeling - Residen Sudirman - Ambengan - Ngemplak - Gentengkali - Siola - Praban - Pirngadi - Pawiyatan - Semarang - Ps. Turi - Dupak - Demak.
D
Joyoboyo – Ps.Turi – Sidorame
PP : RS. Islam – Joyoboyo (terminal) – Diponegoro – Pasar Kembang – Arjuno – Semarang – Ps. Turi – St. Semut – Ps. Atom – Nyamplungan – Sidorame.
DKM
Dukuh Kupang – Menanggal – Bungurasih
PP : Terminal Dukuh Kupang (UWK) – Raya Dukuh Kupang – Mayjend. Sungkono – Padmosusastro – Indragiri – Wonoagung – Wonosari – Brawijaya – Joyoboyo – Gunungsari – Jembatan Gunungsari – Ketintang Barat – Pulowonokromo – Karangrejo – Jetis Kulon – Raya Ketintang – Ketintang Permai – Gayung Kebonsari – Injoko – Gayungsari – Menanggal – Bunderan Waru – Dukuh Menanggal – Bungurasih Utara – Terminal Bungurasih.
DKB
Dukuh Kupang – Benowo
PP : Terminal Dukuh Kupang – UWK – Dukuh Kupang Barat – Mayjend. Sungkono – Raya Kupang Indah – Kupang Jaya – Sukomanunggal – Darmo Permai – Balongsari – Bumi Indah – Lempung Indah – Manukan Dalam – Candi Lontar – Jelidro – Dukuh Bungkal – Sawo – Beringin – Klakah Rejo – Kandangan – Moro Seneng – Sememi – SMU 12 – Raya Babar Jerawat – Raya Pakal – Raci – Pasar Benowo – Terminal Benowo.
DA
Darmo Permai – Pasar Atom
Berangkat : Pasar Atom – Semut Kali – Peneleh – Gemblongan – Tunjungan – Gub. Suryo – Panglima Sudirman – Urip Sumoharjo – Kartini – Teuku Umar – WR. Supratman – Diponegoro – Chairil Anwar – Prapanca – Kanwa – Raya Pakis – Bintang Diponggo – Mayjend. Sungkono – HR. Muhammad – Simpang Darmo Permai – Raya Darmo Permai Utara.
Kembali : Raya Darmo Permai Utara – Simpang Darmo Permai – HR. Muhammad – Mayjend. Sungkono – Bintang Diponggo – Pakis Tirtosari – Prapanca – Chairil Anwar – Diponegoro – Urip Sumoharjo – Basuki Rachmat – Embong Malang – Blauran – Bubutan – Kantor Pos – Semut – Pasar Atom.
DP
Manukan – Lontar – Jembatan Merah
PP : Jembatan Merah – Veteran – Indrapura – Rajawali – Gresik – Demak – Kalibutuh – Pacuan Kuda – Simo Kwagean – Banyu Urip – Simogunung – Ngesong – Raya Dukuh Kupang Barat – Mayjend. Sungkono – HR. Muhammad – Simpang Darmo Permai – Raya Pradah Indah – Lontar – Raya Kuwukan – Jelidro – Wonorejo Indah – Manukan Kulon (Pangkalan Bemo).
E
Karang Menjangan – Balongsari
Berangkat : Terminal Petojo – Karang Menjangan – RS. Dr. Soetomo – Gubeng Pojok – Pemuda – Panglima Sudirman – Basuki Rachmat – Embong Malang – Tidar – Kalibutuh – Asem Raya – Asem Mulya – Tanjungsari – Raya Tandes – Balongsari.
Kembali : Balongsari – Raya Tandes – Tanjungsari – Asem Mulya – Asem Raya – Kalibutuh – Tidar – Blauran – Praban – Gentengkali – Ngemplak – Simpang Dukuh – Gub. Suryo – Panglima Sudirman – Gubeng Pojok – Petojo – Karang Menjangan.
F
Joyoboyo – Pegirian – Endrosono
PP : Joyoboyo – Pasar Wonokromo – Raya Ngagel – Gubeng Sumatra – St. Gubeng – Anggrek – Kusumabangsa – Kapasari – Kaliondo – Simokerto – Sidotopo Lor – Sidorame – Pegirian (Pasar) – Karang Tembok – Wonosari – Endrosono.
G1
Joyoboyo – Karang Menjangan
Berangkat : Joyoboyo (Terminal) – Diponegoro – Ciliwung – Adityawarman – Indragiri – Dr. Soetomo – Sriwijaya – Pasar Keputran – Kayun – Raya Gubeng – Kertajaya – Menur – Karang Menjangan – Dharmawangsa – RS. Dr. Soetomo.
Kembali : RS. Dr. Soetomo – Karang Menjangan – Menur – Kertajaya – Gubeng – Karimun Jawa – Urip Sumoharjo – Dr. Soetomo – Adityawarman – Brawijaya – Terminal Joyoboyo.
G
Joyoboyo – Lidah Kulon – Lakasantri
PP : Joyoboyo (Terminal) – Gunungsari – Mastrip – Raya Wiyung – Raya Menganti – Perumahan Lidah Kulon – Lakasantri.
G
Joyoboyo – Sepanjang
PP : Joyoboyo (Terminal) – Gunungsari – Mastrip – Sepanjang.
GL
RSAL – Joyoboyo – Pasar Loak
PP : RSAL – Joyoboyo – Diponegoro – Bogowonto – Taman Ketampon – Imam Bonjol – Pandegiling – Kampung Malang – Kedungsari – Kedungdoro – Anjasmoro – Tidar – Arjuno – Kalibutuh – Asemrowo – Demak – Pasar Loak.
GS
Gunung Anyar – Sidorame
PP : Pangkalan Gunung Anyar – Rungkut Madya – Rungkut Asri Barat – Raya Rungkut – Rungkut Mejoyo – Tenggilis Mejoyo – Parapen Raya – Raya Barata Jaya – Bratang Wetan – Ngagel Jaya Selatan – Ngagel Jaya Barat – Ngagel Jaya Timur – Pucang Sewu – Kalibokor I – Raya Ngagel – Raya Gubeng – Jawa – Sumatera – St. Gubeng – Kusumabangsa – Wijaya Kusuma – Ambengan – Jagung Suprapto – Kalisari – Kalianyar – Undaan Kulon – Pengampon – Pasar atom – Kapasan – Sidodadi – Sidorame.
H1
Pasar Wonokromo – Waru – Sepanjang
PP : Pasar Wonokromo – A.Yani – IAIN – POLDA – Waru – Putar di ALOHA – Bungurasih – Taman Sepanjang – Bebekan – Ngelom – Pasar Sepanjang.
H2
Pasar Wonokromo – Pagesangan – Menanggal
PP : Pasar Wonokromo – Jetis Baru – Kr. Rejo Sawah – Ketintang – Karah – Karah Agung – Kebon Agung – Kebonsari Tengah – Pagesangan Timur – Pagesangan II – Masjid Agung Surabaya – Gayungsari XII – Wisma Pagesangan – Dukuh Menanggal – SMU 15 – Menanggal Utara – Pangkalan Bemo Menanggal.
H4
Pasar Wonokromo – Sedati
PP : Pasar Wonokromo – Achmad Yani – Jemur Andayani – Kutisari – Rungkut Industri – Rungkut Tengah – Wadung Asri – Sedati.
H2
RSI – Sepanjang
PP : RSI – Jetis Kulon – Karangrejo – Pulowonokromo – Karah Jambangan – Kebonsari – Raya Pagesangan – Raya Simowaru – Pasar Sepanjang.
I
Kupang – Benowo
PP : Diponegoro (Pasar Burung) – Banyu Urip – Sukomanunggal – Raya Tandes – Manukan – Kandangan – Sememi – Raya Pakal – Babat Jerawat – Benowo.
IM
Semut Indah – Manukan (A-SCTV)
PP : Terminal Manukan – Manukan Tengah – Manukan Lor – Manukan Tama – Manukan Dalam – Lempung Indah – Bumi Indah – Darmo Indah Selatan – Darmo Indah Barat – Darmo Indah Timur – Darmo Satelit Selatan – Raya Darmo Permai – Raya Suko Manunggal – Tanjungsari – Tambak Mayor – Dupak Rukun – Asem Mulyo – Kalibutuh – Tidar – Arjuna – Semarang – Raden Saleh – Bubutan – St. Semut.
IM
Semut Indah – Manukan (B-DST)
PP : Semut Indah (St. Semut) – Pasar Turi – Demak – Dupak – Asemrowo – Asem Raya – Tanjungsari – Sukomanunggal – Satelit Indah – Satelit Utara – Darmo Indah Timur – Darmo Indah Selatan – Balongsari Tama – Bumi Indah – Lempung Indah – Manukan Dalam – Terminal Manukan.
J
Joyoboyo – Kalianak
PP : Terminal Joyoboyo – Diponegoro – Banyu Urip – Simo Kwagean – Petemon Barat – Petemon Kali – Tentara Genie Pelajar (Patuha) Tidar – Kalibutuh – Asemrowo – Tambaksari – Gresik – Kalianak.
JM
Joyoboyo – Menganti
PP : Terminal Joyoboyo – Gunungsari – Raya Wiyung – Raya Menganti – Taman Pondok Indah – Babatan Mukti – SLTP 28 – SLTP 40 – Pasar Menganti.
JTK
Joyoboyo – UPN
PP : Joyoboyo – Pasar Wonokromo – A. Yani – Margorejo Indah – Jemursari – Tenggilis – Kendangsari – Kutisari – Rungkut Industri – Rungkut Madya (Yakaya) – UPN – Raya – Raya Medokan Ayu – Rungkut YKP – Raya Medokan Ayu.
JTK
Joyoboyo – Tambak Klanggri
PP : Joyoboyo Terminal – Bendul Merisi – Sidosermo – Prapen Indah – Tenggilis – UBAYA – Raya Rungkut – Rungkut Madya – UPN – Gunung Anyar Tambak – Tambak Klanggri.
JBM
Joyoboyo – Bratang – Medokan
PP : Joyoboyo – Jagir Wonokromo – Ngagel Raya – Bung Tomo – Ngagel Jaya Selatan – Manyar Terminal Bratang – Nginden Semolo – UNITOMO – UNTAG – Semolo Waru – Raya Medokan – Medokan Semempir – SMU 20 – Wonorejo Rungkut – Kendalsari – Wonorejo Rungkut Utara – Wonorejo Rungkut Selatan – Wonoayu – Medokan Ayu – Rungkut TKP – UPN – Gunung Anyar Lor – Gunung Anyar Tengah – Gunung Anyar Kidul.
JTK
Joyoboyo – UBAYA – Medokan
PP : Joyoboyo – Bendul Merisi – RSAL – Sidosermo – Tenggilis Utara – Tenggilis Mejoyo – Raya Tenggilis – UBAYA – Kaliwaru – Raya Rungkut – Rungkut Madya – UPN – Medokan Ayu.
JK
Joyoboyo – Kalijudan – Kenjeran
PP : Terminal Joyoboyo – Raya Darmo – Dr. Soetomo – Jembatan Pandegiling & Gubeng – Kalimantan – Nias – Gubeng Masjid – St. Gubeng – Gerbong – Indrakila – Kalasan – Jagiran – Gersikan – Bronggalan II – Plosobaru – Kalijudan – Kenjeran – Wiratno – Terminal Kenjeran.
JMK
Jembatan Merah – Pogot – Kenjeran
Berangkat : JMP – Jembatan Merah – Kalimati Wetan – Dukuh – Nyamplungan – Danakarya – Pegirian – Aswotomo – Sidodadi – Kampung Seng – Kapasan – Gembong – Pecindilan – Kalianyar – Ngaglik – Tambakdadi – Kenjeran – Sidotopo Wetan – Platuk – Pogot – Kedung Cowek – Kyai Tambak Deres – Bulak Cupat – Bulak Setro – Kejawan – Tambak Deres – Pantai Lama – Kenjeran Lama – Terminal Kenjeran.
Kembali : Terminal Kenjeran – Pantai Lama – Tambak Deres – Kejawan – Bulak Setro – Bulak Cupat – Kyai Tambak Deres – Kedung Cowek – Pogot – Platuk – Siditopo Wetan – Kenjeran – Kapasan – Kampung Seng – Sidodadi – Aswotomo – Pegirian – Kertopaten – Panggung – Veteran – Kantor Pos Kebon Rojo – Indrapura – Krembangan Barat – Rajawali – JMP – Jembatan Merah.
K
Ujung Baru – Jembatan Merah
PP : Jembatan Merah – JMP – Veteran – Kebonrojo – Indrapura – Perak Barat – Prapat Kurung Utara – Kalimas Baru – Ujung Baru – Terminal Dermaga – Perak Timur – Perak Barat – Rajawali – SMP 5 – JMP.
KIP1
Petojo – Sidosermo – Kutisari
Berangkat : Terminal Petojo (RS. Dr. Soetomo) – Gubeng Masjid – St. Gubeng – Nias – Juwingan – Pucangan – Kalibokor – Pucang Sewu – Ngagel Jaya Selatan – Manyar – Raya Nginden – Raya Prapen (SMU 16) – Jemursari – Sidosermo – Tenggilis – Kendangsari – Kutisari Utara – Kutisari Indah. Kembali : Kutisari Indah – Kutisari Utara – Kendangsari Industri – Jemursari – Sidosermo – Raya Nginden – Bratang Binangun – Ngagel Jaya Selatan – Pucang Sewu – Pasar Pucang – Pucang Anom Timur – Dharmawangsa – RS. Dr. Soetomo – Terminal Petojo.
KIP2
Petojo – UNTAG – Kutisari
Berangkat : Terminal Petojo – RS. Dr. Soetomo – Mojo Kidul – Dharmawangsa Indah – Kertajaya Indah – Klampis Jaya – Menur Pumpungan – Manyar Indah – Manyar UNTAG – Taman Intan Nginden – Panjang Jiwo – Raya Tenggilis – UBAYA – Raya Rungkut – Rungkut Asri – Rungkut Kidul (KH. Zamhuri) – Rungkut Industri – STIKOM – Kutisari Utara – Kutisari Indah.
Kembali : Kutisari Indah – Kutisari Utara – Raya Kendangsari – Rungkut Industri I – Rungkut Kidul (KH. Zamhuri) – Rungkut Asri Barat – Kalirungkut – Rungkut Mejoyo – Raya Tenggilis – Panjang Jiwo – Taman Intan Nginden – UNTAG – Manyar Kartika – Menur Pumpungan – Klampis Jaya – Kertajaya Indah – Dharmahusada Indah – Dharmahusada Indah Barat – Mojo – Jojoran – Karangmenjangan – Gubeng Airlangga – Dharmawangsa (RS.Dr. Soetomo) – Terminal Petojo.
LMJ
Jembatan Merah – Margomulyo – Manukan
PP : Terminal Angkot Manukan – Manukan Tengah – SMU 11 – Manukan Lor – Manukan Tama – Manukan Wetan – Balongsari – Margomulyo – Tol Dupak – Pasar Loak – Dupak – Pasar Turi – Bubutan – Indrapura – Krembangan Barat – Rajawali – JMP – Jembatan Merah.
M
Joyoboyo – Kayun – Jembatan Merah
Berangkat : Terminal Joyoboyo – Darmokali – Dinoyo – Dr. Soetomo - Keputran – Karimunjawa – Kayun – Pemuda – Yos Sudarso – Walikota Mustajab – Gentengkali – Undaan Kulon – Pengampon – Bunguran (SMP 7) – St. Semut – Pahlawan – Bubutan – Indrapura - Krembangan Barat – Rajawali – Jembatan Merah. Kembali : Jembatan Merah (JMP) – Veteran St. Semut – Pasar Atom – Pecindilan – Undaan Wetan – Ambengan – Jagung Suprapto – Walikota Mustajab – Gubeng Pojok – Pemuda – Kayun – Karimunjawa – Panglima Sudirman – Urip Sumoharjo – Darmo – Pandegiling – Keputran – Dinoyo – Darmokali – Pasar Wonokromo – RSI – Terminal Joyoboyo.
MLK
Manukan – Loak – Kenjeran
Berangkat : Terminal Manukan – Manukan Lor – Manukan Tama – Raya Tandes – Margomulyo – Tol Dupak – Pasar Loak – Asemrowo – Kalibutuh – Kranggan – Praban – Gentengkali – Ngemplak – Walikota Mustajab – Jagung Suprapto – Ambengan – Wijayakusuma – Slamet – Gubeng Pojok – Tampak Siring – Indrakila – Kalasan – Jagiran – Plosobogen – Krampung – Karang Empat – Karangasem – Kenjeran – SMU 3 – Terminal Kenjeran. Kembali : Terminal Kenjeran – Kalijudan – Ploso Baru – Gersikan – Jagiran – Sawentar – Pacar Keling – Residen Sudirman – Ambengan – Ngemplak – Gentengkali – Achmad Jais – Jembatan Gemblongan – Praban – Bubutan – Pirngadi – Semarang – Kalibutuh – Asem Raya – Tanjungsari – Raya Tandes – Manukan.
N
Jembatan Merah – Menur – Bratang
Berangkat : Jembatan merah – Veteran – Pahlawan – Kramat Gantung – Gemblongan – Gentengkali – Jembatan Genteng Kali – Ngemplak – Walikota Mustajab – Gubeng Pojok (RS. Kodam V Brawijaya) – Sumatra – Biliton – Kertajaya – Pucang Anom Timur – Pucang Adi – Pucang Jajar – Menur – Manyar – Terminal Bratang.
Kembali : Bratang – Manyar – Manyar Sambongan – Pucang Anom Timur – Kertajaya – Sulawesi – Raya Gubeng – Sumatra – Pemuda – Yos Sudarso – Walikota Mustajab – Gentengkali – Praban – Bubutan – Indrapura – Krembangan Barat – Jembatan Merah.
O
Jembatan Merah – Universitas Hang Tuah - Keputih
Berangkat : Jembatan Merah – Veteran – Pahlawan – Pasar Besar – Peneleh – Makam Peneleh – Undaan Kulon – Kalianyar – Ngaglik – Krampung – Karangan – Bronggalan – Tambang Boyo – Karang Menjangan – RS.Dr. Soetomo – Dharmahusada – Kertajaya Indah – Manyar Kertoadi – Gebang Putih – Arif Rahman Hakim – Keputih. Kembali : Keputih – Arif Rahman Hakim – Gebang Putih – Manyar Kertoadi – Kertajaya Indah – Dharmahusada – Karang Menjangan – RS. Dr. Soetomo – Kedung Sroko – Pacar Keling – Kalasan – Jolotundo – Bronggalan – Krampung – Tambaksari – Ambengan – Kusuma Bangsa – Kalianyar – Jagalan – Pasae Besar – Bubutan – Indrapura – Rajawali – JMP.
P
Joyoboyo – Gebang Putih – Kenjeran
Berangkat : Terminal Joyoboyo – Darmokali – Jembatan Ngagel – Bung Tomo – Ngagel Timur – Pucang Anom Timur – Manyar Sambongan – Manyar Sabrangan – Mleto – Manyar Kertoadi – Gebang Lor – Raya ITS – Kejawan Putih – Mulyosari – Babatan Pantai – Wiratno (SMU 3) – Terminal Kenjeran. Kembali : Terminal Kenjeran – Wiratno – Babatan Pantai – Mulyosari – Raya ITS – Gebang Lor – Manyar Kertoadi – Mleto – Manyar Sabrangan – Manyar Sambongan – Pucang Anom Timur – Ngagel Jaya Selatan – Ngagel Rejo Timur – Ngagel Raya – Pasar Wonokromo – Terminal Joyoboyo.
P
Joyoboyo – Karang Menjangan – Kenjeran
PP : Terminal Joyoboyo – Ngagel Raya – Ngagel Rejo Kidul – Ngagel Rejo Utara – Ngagel Jaya Selatan – Ngagel Jaya – Pucang Anom Timur – Dharmawangsa – RS. Dr. Soetomo – Dr. Moestopo – Tampaksiring – Penataran – Pacarkeling – Sawentar – Jagiran – Plosobogen – Krampung - Putroagung Wetan – Karangasem – Kalijudan Madya – Kenjeran.
P
Petojo – Ketintang
Berangkat : Pangkalan Bemo Petojo (RS. Dr. Soetomo) – Karang Menjangan – Gubeng Airlangga – Dharmawangsa – Kertajaya – Pucang Anom Timur – Ngagel Jaya Selatan – Ngagel Rejo Kidul - Raya Ngagel – Pasar Wonokromo – A. Yani – Ketintang Raya – Ketintang Madya.Kembali : Ketintang Madya – Jetis Kulon – RSI – Raya Wonokromo – Jagir – Raya Ngagel – Bung Tomo – Ngagel Jaya Selatan – Ngagel Jaya – Pucang Anom Timur – Kertajaya – Dharmawangsa – RS. Dr. Soetomo – Pangkalan Bemo Petojo.
Q
Jembatan Merah – Bratang (Lewat Pasar Kembang)
PP : Jembatan Merah – Veteran – Tembaan – Pasar Turi – Semarang – Tidar – Kedung Doro – Pasar Kembang – Diponegoro – Dr. Soetomo – Dinoyo – Bung Tomo – Ngagel Jaya Selatan – Manyar – Terminal Bratang.
RDK
Dukuh Kupang – Tambak Osowilangun
PP : Terminal Dukuh Kupang – Dukuh Kupang Barat – Jembatan Kupang Jaya – Simohilir – Simo Pomahan – Simo Tambaan – Simojawar – Raya Sukomanunggal – Tanjungsari – Tambak Mayor – Dupakrukun – Pasar Loak – Raya Dupak – Raya Demak – Raya Gresik – Kalianak – Greges – Terminal Tambak Osowilangun.
R2
Jembatan Merah – Nambangan – Kenjeran
Berangkat : JMP – Kembang Jepun – Kapasan – Kampung Seng – Bolodewo – Sidorame – Kr. Tembok – Wonokesumo – Kedungmangu – Bulakbanteng – Kedinding Lor – Nambangan – Cupat – Pantai Mentari – Kenjeran.
Kembali : Pantai Mentari – Cupat – Nambangan – Kedinding Lor – Bulakbanteng – Kedungmangu – Wonokesumo – Kr. Tembok – Sidorame – Bolodewo – Ksmpung Seng – Kapasan – Pasar Atom – Waspada – Bibis – JMP.
R1
Jembatan Merah – Kapasan – Kenjeran
Berangkat : Jembatan Merah – Veteran – Semut – Bunguran – Pasar Atom – Kapasan – Kapasari – Ngaglik – Kapas Krampung – Putro Agung – Kenjeran – Sukolilo Pantai (Pantai Ria Kenjeran) – Terminal Kenjeran. Kembali : Terminal Kenjeran - Sukolilo Pantai (Pantai Ria Kenjeran) – Kenjeran – Kalianda – Kapasan – Bunguran – Stasiun Kota – Pahlawan – Tembaan – Indrapura – Krembangan Barat – Rajawali – Jembatan Merah.
RT
Rungkut – Pasar Turi (YKP)
Berangkat : Pasar Turi – Tembaan – Pahlawan – Tunjungan – Gub. Suryo (SMU 6) – Panglima Sudirman – Embomg Ploso – Kayun – Karimunjawa – Biliton – Sulawesi – Raya Ngagel – Kalibokor I – Pucangsewu – Raya Kalibokor – Ngagel Jaya Selatan – Manyar – Terminal Bratang – Nginden – Panjang Jiwo – Raya Rungkut – Rungkut Asri – KH. Zamhuri. Kembali : KH. Zamhuri – Rungkut Asri – Raya Rungkut – Panjang Jiwo – Barata Jaya – Bratang Binangun – Ngagel Jaya Selatan – Manyar – Ngagel Jaya Utara – Ngagel Jaya Barat – Pucangsewu – Kalibokor I – Raya Ngagel – Raya Gubeng – Karimunjawa – Embong Cerme – Basuki Rachmat – Embong Malang – Blauran – Bubutan – Pasar Turi.
RT
Rungkut – Pasar Turi (TULUS)
Berangkat : Pasar Turi – Semarang – Raden Saleh – Bubutan – Penghela – Pahlawan – Gemblongan – Tunjungan – Genteng Besar – Gentengkali – Ngemplak – Walikota Mustajab – Jagung Suprapto – Kotamdya – Gubeng Pojok – Sumatra – Biliton – Kertajaya – Flores – Lombok – Raya Ngagel – Kalibokor I – Pasar Pucang – Pucang Jajar – Ngagel Madya – Ngagel Jaya Selatan – Manyar – Terminal Bratang – Nginden – Panjang Jiwo – Kedung Baruk – Kedung Asem – Rungkut Harapan.
 Kembali : Rungkut Harapan – Rungkut Alang-alang – Kedung Asem – Kedung Baruk – Panjang Jiwo – Barata Jaya – Bratang Binangun – Manyar – Ngagel Jaya Utara – Pucang Jajar Selatan – Pucang Anom – Juwingan – Flores – Sulawesi – Raya Gubeng – Panglima Sudirman – Kombes M. Duryat – Kedungsari – Kedungdoro – Blauran – Bubutan – Pasar Turi.
RBK
Rungkut Barata – Bratang – Kenjeran
PP : Terminal Kenjeran – Sukolilo Lor – Mulyosari – Raya ITS – Raya Kertajaya Indah – Klampis Jaya – Menur Pumpungan – Manyar Kartika – Manyar Rejo – Terminal Bratang – Semolowaru – Madokan Semampir – Baruk Utara – Kendalsari – Penjaringan Sari – Kedung Asem – Rungkut Alang-alang – Rungkut Asri Tengah – KH. Zamhuri – Rungkut Tengah – Kyai Abd. Karim – Rungkut Barata.
S
Joyoboyo – Bratang – Kenjeran
PP : Terminal Joyoboyo – Jagir Wonokromo – Raya Ngagel – Ngagel Rejo – Bratang Gede – Barata Jaya – Bratang Binangun – Ngagel Jaya Selatan – Manyar – Terminal Bratang – Menur Pumpungan – Arif Rahman Hakim – Keputih – Kejawan – Perumahan Laguna – Mulyosari – Tempurejo – Wiratno – Terminal Kenjeran.
T2
Joyoboyo – Mulyosari – Kenjeran
Berangkat : Joyoboyo – Marmoyo – Darmokali – Raya Ngagel – Raya Gubeng – Biliton – Gubeng Masjid – Tampak Siring – Moestopo – RS. Dr. Soetomo – Kedung Sroko – Pacar Keling – Kalasan – Jolotundo – Bronggalan – Tambangboyo – Pacar Kembang – Kali Kepiting – Mulyorejo – Sutorejo – Mulyosari – Terminal Kenjeran. Kembali : Terminal Kenjeran – Mulyosari – Sutorejo – Mulyorejo – Kaliwaron – Kedung Tarukan – Tambangboyo – RS. Dr. Soetomo – Karang Menjangan – Gubeng Airlangga – Dharmawangsa – Gubeng Masjid – Sulawesi – Raya Ngagel – Darmokali – Bengawan – Diponegoro – Ciliwung – Hayam Wuruk – Brawijaya – Terminal Joyoboyo.
T1
Joyoboyo – Sawahan – Simorejo
PP : Terminal Joyoboyo – Diponegoro – Bogowonto – Indragiri – Cipunegara – Padmosusastro – Kembang Kuning – Mangkunegara – Diponegoro – Pasar Kembang – Petemon Timur – Petemon Kali – Petemon II – Pacuan Kuda – Simo Sidomulyo – Simo Katrungan – Petemon III – Raya Simorejo – Simorejo II – Dupak Rukun – Tambak Mayor – Tanjungsari – Simorejo Sari Barat.
TV
Joyoboyo – Tubanan – Manukan
PP : Terminal Joyoboyo – Diponegoro – Ciliwung – Adityawarman – Mayjend. Sungkono – HR. Muhammad – Simpang Darmo Permai Utara – Raya Darmo Permai Utara – Tubanan – Balongsari Tama – Bumi Indah – Lempung Indah – Manukan Dalam – Manukan Tengah (SMU 11) – Terminal Manukan.
TV
Joyoboyo – Balongsari
PP : Terminal Joyoboyo – Ciliwung – Adityawarman – Mayjend. Sungkono – Kupang Indah – Kupang Jaya – Darmo Baru Barat – Darmo Permai III – Darmo Harapan – Darmo Indah – Saritama – Balongsari Tama – Terminal Balongsari.
U
Joyoboyo – Jagir – Rungkut Menanggal
PP : Terminal Joyoboyo – Jagir Wonokromo – Panjangjiwo – Kalirungkut – Rungkut Lor – Rungkut Kidul – Rungkut Tengah – Rungkut Menanggal.
U
Joyoboyo – Wonorejo – Rungkut
PP : Pasar Wonokromo – Jagir – Panjangjiwo – Kedung Baruk – Kedung Asem – Penjaringan Sari – Wonorejo Rungkut.
U
Pasar Wonokromo – Gunung Anyar
PP : Pasar Wonokromo – Bendul Merisi – Jagir Sidomukti – Raya Jagir – Panjang Jiwo – Kedung Baruk – Kedung Asem – Pandugo – Wonoayu – Medokan Ayu – Wisma Gunung Anyar.
USP
Ujung Baru – Petojo (Karangmenjangan)
Berangkat : Terminal Ujung Baru - Kalimas Baru – Pegirian – Kertopaten – Sidodadi – Kampung Seng – Kapasan – Kapasari – Ngaglik – Tambaksari – Residen Sudirman – Tampaksiring – Dr. Moestopo – Karang Menjangan – Petojo.
Kembali : Karang Menjangan – Kedung Sroko – Pacar Keling – Kalasan – Jagiran – Ploso Bogen – Krampung – Tambaksegaran – Kenjeran – Kapasan – Kampung Seng – Sidodadi – Kertopaten – Pegirian – KH. Mas Mansyur – Benteng – Kalimas – Ujung Baru.
UBB
Ujung Baru – Bratang
Berangkat : Terminal Ujung Baru – Kalimas Baru – Sisingamangaraja – Petekan – Indrapura – Rajawali – SMP 5 – JMP – Veteran – Stasiun Semut – Semut Kali – Peneleh – Makam Peneleh – Undaan – Kalisari – Jagung Suprapto – Ambengan – Wijayakusuma – Gubeng Pojok – Sumatra – Nias – Jawa – Biliton – Sulawesi – Ngagel – Upajiwa – Ngagel Jaya Selatan – Terminal Bratang.
Kembali : Terminal Bratang – Ngagel Jaya Selatan – Ngagel Jaya Barat – Pucang Sewu – Bagong Ginayan – Sumatra – Kayun – Pemuda – Kotamdya – Wijayakusuma – Jagung. Suprapto – Kalisari – Kalianyar – Pengampon – St. Semut – Pasar Atom – Bibis – Karet – JMP – Krembangan – Rajawali – Pesapen – Indrapura – Petekan – Kalimas Baru – Ujung Baru.
V
Joyoboyo – Tambakrejo
Berangkat : Terminal Joyoboyo – Raya Darmo – Urip Sumaharjo – Basuki Rachmat – Gubernur Suryo – Yos Sudarso – Wijayakusuma – Ambengan – Kusuma Bangsa – Ngaglik – Kapas Krampung – Tambaksegaran Wetan – Tambakrejo – Makam Wr. Soepratman.
Kembali : Tambakrejo – Tambak Segaran – Rangkah Besar – Kapas Krampung – Tambaksari – Ambengan – Wijayakusuma – Gubeng Pojok – Pemuda – Panglima Sudirman – Urip Sumoharjo – Raya Darmo – Raya Wonokromo – RSI – Terminal Joyoboyo.
W
Dukuh Kupang – Karang Menjangan
Berangkat : Dukuh Kupang – Jarak – Girilaya – Pasar Kembang – Pandegiling – Urip Sumoharjo – Basuki Rachmat – Embong Sawo – Kayun – Raya Gubeng – Pemuda – Plaza Surabaya – Dr. Moestopo – Dr. Moestopo – RS. Dr. Soetomo – Karang Menjangan.
Kembali : Karang Menjangan – Gubeng Airlangga – Dharmawangsa – SMU 4 – Moestopo – Gubeng Masjid – Stasiun Gubeng – Nias – Raya Gubeng – Karimunjawa – Urip Sumoharjo – Kartini – Imam Bonjol – Pandegiling – Raya Diponegoro – Girilaya – Jarak – Dukuh Kupang – UWK.
W
Dukuh Kupang – Krampung – Kenjeran
Berangkat : Terminal Dukuh Kupang (UWK) – Raya Dukuh Kupang – Jarak – Girilaya – Pasar Kembang – Kedungsari – Tegalsari – Basuki Rachmat – Gub Suryo – Yos Sudarso – Jagung Suprapto – Seruni – Kusuma Bangsa – THR – Ngaglik – Pasar Kapas Krampung – Putro Agung – Karang Asem – Kalijudan Madya – Kenjeran.
Kembali : Terminal Kenjeran – Kalijudan Madya – Karang Asem – Putro Agung – Krampung – Tambaksari – Ambengan – Ngemplak – Simpang Dukuh – Gub. Suryo – Taman Apsari – Embong Wungu – Panglima Sudirman – Embong Gayam – Basuki Rachmat – Tegalsari – Kedungsari – Pasar Kembang – Diponegoro – Girilaya – Jarak – Dukuh Kupang – UWK.
WL
Dukuh Kupang – Pasar Loak – Wonosari Lor
Berangkat : Terminal Dukuh Kupang (UWK) – Putat Jaya Baru – Simogunung – Raya Banyu Urip – Simorejo – Pasar Loak Dupak – Demak – Gresik – Rajawali – Kebalen – KH. Mas Mansyur – Sasak – Nyamplungan – Pasar Pegirian – Wonosari.
Kembali : Wonosari – Pegirian – KH. Mas Mansyur – Kebalen – JMP – Veteran – Indrapura – Gresik – Demak – Pasar Loak Dupak – Simorejo – Banyu Urip – Simogunung Putat Jaya – Raya Dukuh Kupang – Terminal Dukuh Kupang (UWK).
WB
Bratang – Wonosari Lor
Berangkat : Terminal Bratang – Menur Pumpungan – Klampis Jaya – Kertajaya – Manyar Kertoajo – Karang Menur – Sri Ikana – Dharmawangsa – RS. Dr. Soetomo – SMU 4 – Gerbong – Residen Sudirman – Ambengan – Kusumabangsa – Kapasari – Simokerto – Simolawang – Sidodadi – Pegirian – Nyamplungan – Iskandar Muda – Karang Tembok – Wonosari Lor – Bulak Banteng.
Kembali : Bulak Banteng – Wonosari Lor – Karang Tembok – Pegirian – Sidodadi – Simolawang – Simokerto – Kapasari – Ngaglik – Tambaksari – Residen Sudirman – Tampaksiring – Dr. Moestopo – SMU 4 – RS. Dr. Soetomo – Dharmawangsa – Sri Ikana – Karang Menur – Kertajaya – Manyar Kertoajo – Klampis Jaya – Menur Pumpungan – Manyar – Terminal Bratang
X
Joyoboyo – Pabrik Paku – Tb. Sawah
PP : Terminal Joyoboyo – Pasar Wonokromo – A. Yani – Brigjen Katamso (Waru) – Kol. Sugiono – Gedongan – Tb. Sawah (industri).
Y
Joyoboyo – Demak
PP : Terminal Joyoboyo – Diponegoro – Banyu Urip – Simo Kwagean – Petemon Barat – Petemon Kali – Argopuro – Arjuno – Kalibutuh – Demak – Sedayu.
Z
Jembatan Merah – Benowo
PP : Raya Benowo (Terminal Angkot) – Pasar Benowo – Raci – Pakal – Pondok Benowo Indah – Babat Jerawat – Raya Sememi – SMU 12 – Moroseneng – Kandangan – Manukan Kulon – Manukan Wetan – Margomulyo – Pertigaan Greges Kalianak – Gresik gadukan – Gresik – Perak Barat – Rajawali (SMP5) – Jembatan Merah.
Z1
Ujung Baru – Benowo (lewat Margomulyo)
Berangkat : Terminal Benowo – Raya Kendung Sememi – Raya Sememi – Manukan Wetan – Margomulyo – Greges – Gresik – Tanjung sadari (Kodikal) – Laksda M. Nazir – Prapat Kurung Utara – Perak Barat – Kalimas Baru – Terminal Angkot Ujung Baru.
Kembali : Terminal Ujung Baru – Perak Timur – Gresik – Greges – Margomulyo – Manukan Wetan – Kandangan – Sememi – Raya Kendung Sememi – Raya Pakal – Babat Jerawat – Benowo
Z1
Ujung Baru – Benowo (lewat Tanjungsari)
PP : Terminal Ujung Baru – Perak Barat – Perak Timur – Demak – Dupak – Dupak Rukun – Pasar Loak – Tanjungsari – Suko Manunggal – Raya Tandes – Manukan Wetan – Kandangan – Sememi – Raya Pakal – Babat Jerawat – Benowo