Senin, 12 Maret 2012

Legenda dari Surabaya

Surabaya. Kota pahlawan
bung_tomo bung-karno pahlawan patung tugu pahlawan profil-klantink
Banyak pahlawan2 yang berasal dari kota ini. Pahlawan identik dengan perjuangannya membela tanah air,hingga gugur dalam medan perang. Tapi bagi sebagaian dari itu sesorang bisa dijadikan pahlawan meskipun tanpa gugur di medan perang,karena jasa2nya yang begitu besar bagi kota ini.
Dan inilah sang legenda dari kota Surabaya (versi saya seh)
Ir, soekarno
Siapa yag tak kenal beliau? Bapak proklamator Indonesia inilah yang berhasil membawa Indonesia ke depan gerbang kemerdekaan. Kesederhanaan dan keikhlasan beliau yang akan dikenang selalu bagi kota ini. Tapi kota segede ini patung bung karno kok cuman satu yah (di depan tugu pahlawan).
Bung tomo
Mengingat hari pahlawan 10 november di Surabaya tentu tak lepas dari nama Bung Tomo. Beliaulah kunci sejarah berdarah 10 november. Ia seorang orator, pembakar semangat juang arek arek suroboyo untuk bertempur sampai titik darah penghabisan mengusir penjajah di Surabaya kala itu.
Boomerang,
Band inilah yang pertama membawa nama Surabaya di samping Dewa dan Padi. Kalau di bandung terkenal dengan peterpan, dan di jogja lebih kental dengan Sheila On 7. Rasanya di Surabaya cuman 3 band itu tadi deh yang bisa di andalkan. Dengan membawakan lagu beraliran music rock, boomerang meraih berbagai prestasi dari lokal sampai mancanegara. Vokalisnya, Roy Jeconiah adalah penyanyi dengan pita suara paling baik di tahun 2010.(hot Chord). Namun sayang,semakin menjamurnya band2 di Indonesia,band ini sudah tak tercium baunya lagi.
Gombloh
Doa Seorang Pelacur, Kilang-Kilang Dewa Ruci, Gugur Bunga,dan Kebyar Kebyar . Adalah sedereet judul yang berhasil di ciptakan oleh musisi ini. Kepribadian yang nyeleneh dan gaya nyentrik inilah yang menjadi ciri khas dari seorang gombloh. Lagu2nya mengisahkan nasionalisme dan kehidupan manusia,membuat lagu2 dari setiap albumnya meledak dipasaran. Beliau meninggalkan teman2 seangkatannya (Iwan Fals dan Ebiet G. Ade) pada tahun ’88.
Klantink
Nah inilah yang paling membagakan rakyat Surabaya bagi saya. Lahir dari jalanan,mengamen menjadi profesi/mata pencaharian mereka. Iseng iseng mereka mengikuti suatu ajang pencarian bakat di salah satu televise swasta. dengan tekad,semangat dan perjuangan yang sangat keras mereka mampu mengalhkan kandidat2 lainnya yang berduit. Dari mengamen sekarang mereka bisa menikmati mobil mewah yang menjadi satu hadiah utamanya. Dan uniknya lagi,mereka mengganti nama kampong mereka di kawasan joyoboyo Surabaya dengan nama gang klantink.












3 komentar:

Anonim mengatakan...

dari 5 legenda diatas, dhe paling tertarik dengan gombloh.. lagu2nya itu khas banget dan melegenda.. gebyar2, radio, lagu yang akan tetap didendangkan sepanjang masa.. salah satu legenda musik di Indonesia :)

Mas Zuhdi mengatakan...

Menarik sekali untuk disimak, jadi tahu orang-orang hebat dari Surabaya ini, saya juga bangga karena terlahir di kota pahlawan yg penuh semangat ini, meskipun saya tidak bisa hebat seperti mereka, tetapi semangatku harus menggebu-gebu seperti mereka.

Rifai mengatakan...

semangat untuk membangun surabaya lebih hijau dan bersih saja sudah bagus buat ssaya..
hehehe

(go green n clean)