Selasa, 21 Februari 2012

Tips sederhana merawat notebook

Laptop atau notebook bisa di ibaratkan dengan hewan piaraan kesayangan kita. Kita harus merawat, dan memberikan perhatian kepadanya. Bila kita merawatnya dengan baik,maka dia juga akan bermanfaat bagi kita. tapi bila kita lalai atau tidak merawatnya dengan baik,jangan sampai anda menyesal belakangan!!!
merawat notebook,sebenarnya sangat mudah,bahkan sangat sederhana hanya saja kita mau atau tidak melakukan-nya. Setiap komponen notebook memiliki cara perawatan yang berbeda.merawat-laptop1
berikut cara-cara sederhana untuk merawat notebook di setiap komponen-nya:
  1.  Sayangi Prosesor
Perhatikan panas notebook
notebook berbeda dengan PC rumahan,jadi istirahatkan notebook bila pemakaian lama,maximal 3 jam pemakaian,matikan paling tidak selama 15 menit sebelum dinyalakan kembali. Bisa tambahkan cooling fan untuk melindungi prosesor dari overheat.
Jangan memberikan tugas (task) berlebih
Prosesor atom tapi kerjaanya se-gudang!! inilah yang membuat lemot kerjaan anda,dan bisa buat prosesor kewalahan!!
matikan task2 yang ada di taskbar,ataupun aplikasi2 yang gag perlu. meskipun kita tidak menggunakan-nya selama aplikasi itu aktif tentu akan menambah tugas kerja prosesor. Gunakan prosesor sebijak mungkin,berikan tugas yang bisa di selesaikan dalam batas kemampuannya.
dan jangan memakai notebook di atas benda empuk seperti kasur. karena akan menghambat sirkulasi panas notebook yang akan memperparah kinerja prosesor. Plus….. siap2 buat servic-in Mainboard..
2. Sayangi Hardisk
Jangan membawa notebook dalam keadaan menyala
Hardisk tetap bekerja selama notebook masih ON. Goncangan-goncangan yang kita buat saat menenteng notebook akan beresiko terhadap hardisk.ini akan mengakibatkan kerusakan di bagian Header dan kernel hardisk. Kita tentu gag mau kalau data –data kita hilang. notebook hilang masih bisa beli lagi,kalau data hilang???? gimana coba…
Sering-seringlah men-Diskfragment
seringnya kita menulis dan menghapus file akan mengakibatkan kinerja hardisk menurun. maka sangat disarankan men-Diskfragment Hardisk setiap 2-3 kali sebulan secara berkala.
3. Sayangi LCD
tidak dapat dipungkiri harga LCD sekarang sangat mahal,hampir 2/3 aset notebook kita terletak di LCD.Semisal kita beli Notebook dengan harga 2jt, dan bila LCD rusak maka siap2lah merogoh uang 1,3jt untuk menservicenya. makany sangat disarankan untuk menambahkan Screen protector. Tidak membuka-tutup Notebook dengan kasar juga sangat membantu dalam perawatan LCD.
4. Sayangi Baterai
Baterai-pun mempunyai umur. bila telah mendekati umur-nya tentu kinerja akan menurun/breakdown. Umur baterai bisa di ibaratkan demikian: Baterai akan habis usianya bila telah di gunakan 1000x charge. Setiap kali melakukan charge umurnya akan berkurang satu. meskipun kita men-charge barang 5 menit saja. Jadi Umur baterai berkaitan dengan charge dan cabut, bukan lama-nya kita memiliki baterai. Ini bisa di maksilmalkan dengan fullcharge atau isi penuh. Akan tetapi ingat,kalau baterai sudah Full(indikator baterai full) Harus Di Cabut. Karena bila tidak,mainboard kita yang rusak! (Mungkin dari anda hanya mengetahui perawatan baterai dengan '”charge baterai sebelum mati”. prinsip tersebut tidak ada salahanya)
.
Jadi sederhananya begini: jangan charge baterai sebelum habis(antara 20-10%) dan cabut baterai kalau sudah penuh.
5. Sayangi perangkat lainya
  • berikan keyboard protector agar debu2 tidak dengan mudah masuk dalam keyboard anda
  • bersihkan secara berkala notebook anda. cukup me-lapnya dengan kain atau tissue untuk membersihkan di bagian luarnya, dan harus dengan lap khusus,bila ingin membersihkan bagian LCD-nya.
hanya dengan hal-hal sederhana seperti diatas kita sudah merawat notebook kesayangan kita. Mudah Murah. jangan lupa,mencegah lebih baik dari pada mengobati bukan??
rajabakul

3 komentar:

Anonim mengatakan...

wah kalau kami menggunakan note book berjam-jam ya, rifai.

Rifai mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Rifai mengatakan...

di pakai berjam-jam?? beri jedah waktu 15-20 menit lebih baik..
berikan waktu notebook istirahat sesuai ddengan kemampuannya.