Rabu, 22 Februari 2012

asal usul kata Surabaya

Nggakk etis rasanya kalau kita tinggal di suatu kota tapi tidak tahu sejarah dari kota tersebut.
dalam artikel pertama  saya yang mengulas tentang surabaya kali ini,saya akan menjelaskan dan menyajikan sejarah kota pahalawan ini. Tapi pertama-tama yang kita bahas disini adalah asal mula kata SURABAYA.


Dulu saya pernah di ceritakan dongeng nenek saya,(mungkin temen2 juga sudah pada tahu)yang membahas tentang asal muasalnya kejadian dari kota surabaya. Di ceritakan kalau ada seekor ikan Hiu (suro=dalam bahasa jawa) bertanding melawan Buaya (boyo). Mereka mempertaruhkan kekuasaan wilayah. Nah wilayah dalam pertarungan ikan Hiu dan Buaya tadi dinamakan kota Surabaya.


Sederhana memang untuk mendiskripsikan dongeng dari nenek saya/orang2 jaman dahulu/orang tua kita,atas terjadinya sebuah kata SuraBaya menjadikan kota. Tapi dari sini saya mulai berfikir,"kok ada yah' yang mengetahui JELAS secara langsung kisah/pertarungan kedua Hewan buas tersebut!??" Nah mereka Nyutingnya dari mana'wong pertarungan hewan buas tersebut dalam air (pasti 'lah,mana ada hiu tarung di darat.). Dan hebatnya lagi mereka tahu kalau mereka memperebutkan suatu wilayah???? 'emangnya mreka nabi sulaiman yang bisa bahasa binatang.

Dari sini saya mulai tahu,kalu dongeng tersebut bukanlah real dan benar2 terjadi dalam sejarah. (hahaha,ternyata orang surabaya banyak yang percaya ma dongeng bgtuan).

oke,setelah tahu penjelasan dongeng diatas/versi orang tua kita,saya akan menjelaskan yang lebih relevan lagi.

setelah membaca sebuah buku yang didalamnya terdapat isi dari Prasati Trowulan. saya dapat menyimpulkan bahwa:

  • Surabaya sebelumnya dari kata Churabhaya.
  • Surabaya dulunya merupakan gerbang kerajaan Majapahit, yakni di muara Kali Mas.Diwalayah inilah dulu terjadi pertempuran oleh  Raden Wijaya dengan pasukan Mongolia. Pasukan Mongol yang datang dari laut digambarkan sebagai ikan SURO (ikan hiu/berani) dan pasukan Raden Wijaya yang datang dari darat digambarkan sebagai BOYO (buaya/bahaya), jadi secara harfiah diartikan berani menghadapi Bahaya.
  • Surabaya lhir tanggal 31 Mei 1293 ialah tanggal dimana  Raden Wijaya berhasil menumpas pasukan dari Mongolia 
memang sedikit info yang bisa saya tulis dalam membahas sejarah nama kota Surabaya, Tapi saya yakin ini bisa menjadi informasi yang real daripada mempercayai dongeng dari nenek kita 'kan..

Tidak ada komentar: